Mata Pelajaran Pancasila Bakal Gantikan PPKn, Berikut Ini Materinya!

- Kamis, 28 April 2022 | 16:14 WIB
Materi Pelajaran Pancasila Gantikan PPKn di sekolah (ayobandung)
Materi Pelajaran Pancasila Gantikan PPKn di sekolah (ayobandung)

FOKUS KUDUS – Terhitung tahun ajaran baru 2022 mendatang, para siswa akan mendapatkan kegiatan pembelajaran baru. Tepatnya, Kemendikbudristek (Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi) akan memasukkan Pelajaran Pancasila dalam mata pelajaran wajib.

Mata pelajaran Pancasila ini digadang-gadang sebagai pengganti mata pelajaran PPKN yang sebelumnya diajarkan di sekolah.

Mengenai penerapan mata pelajaran Pancasila, ini sudah diputuskan oleh Kemendikbudristek. Bahkan, sudah menyesuaikan dengan pedoman penerapan Kurikulum.

Ke depannya, mata pelajaran ini akan digunakan di berbagai jenjang.

Seperti dilansir FOKUS KUDUS dari laman pikiran-rakyat Minggu, 10 April 2022, Anang Ristianto selaku Plt Kepala Biro Kerja sama dan Hubungan Masyarakat Kemendikbudrsitek mengatakan jika mata pelajaran Pendidikan Pancasila akan menjadi mata pelajaran wajib.

Ia menambahkan jika mata pelajaran tersebut akan diajarkan dar jenjang Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) hingga jenjang SMA/SMK.

Tujuan utama pengajaran ini ialah mewujudkan profil pelajar Pancasila. Tentunya dengan mengenalkan lebih dalam tentang asas Pancasila dan mempraktikannya.

Mengenai isinya sendiri, mata pelajaran ini tidak hanya fokus pada teori. Tetapi, ada praktik nyata dalam bentuk kegiatan sehari-hari.

Saat ini, Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) telah menyusun15 buku pelajaran Pancasila. Semua buka ini disusun dari tingkat PAUD hingga perguruan tinggi.

Setelah disusun, buku tersebut telah diujicobakan. Bahkan, sudah dimintakan pendapat pada Komisi II, Menko Polhukam, Menteri Agama hingga tokoh masyarakat.

Halaman:

Editor: Ahmad Nur Fuad

Tags

Terkini

X