Lakukan 5 Hal Ini Saat Hamil Muda, Hindarkan Resiko Keguguran

- Senin, 23 Mei 2022 | 16:00 WIB
Duduk bersantai adalah aktifitas yang baik untuk wanita yang tengah hamil muda. (Pixabay.com)
Duduk bersantai adalah aktifitas yang baik untuk wanita yang tengah hamil muda. (Pixabay.com)

FOKUS KUDUS - Mendapat kabar bahwa istri positif hamil tentunya sangat membahagiakan bukan? Apalagi bagi pasangan yang baru saja menikah.

Namun kehamilan yang datang cepat kadang tidak dibarengi dengan persiapan oleh si pasangan suami istri.

Banyak pasangan muda yang masih bingung harus ngapain di masa awal kehamilan. Lalu apa saja yang harus dilakukan dan dihindari bunda saat tengah hamil muda? Simak ulasannya berikut ini.

Baca Juga: Resep Minuman Herbal dengan 6 Bahan Alami Ini Mampu Atasi Segala Penyakit, Apa Saja?

Dilansir dari mamypoko.com, inilah 5 hal yang harus bunda lakukan adalah menjaga kehamilan muda agar sehat dan terhindar dari ancaman penyakit.

Mengingat usia kehamilan yang masih muda atau trimester pertama, bunda akan dihadapkan oleh rentannya keguguran. Menjaga kehamilan muda sangatlah penting karena di minggu-minggu pertama, janin masih lemah dan butuh asupan segala macam nutrisi penting agar tetap sehat berjuang di periode kehamilan berikutnya.
 
Beberapa cara di bawah ini dapat bunda terapkan dalam menjaga kehamilan muda agar terhindar dari resiko keguguran:

Baca Juga: Hasil Voli SEA Games 2022: Indonesia Raih Emas setelah Pecundangi Vietnam di Partai Final
 
1. Menghindari asap rokok
Asap rokok dapat dikatakan musuh nomor satu saat bunda hamil. Hal ini dikarenakan rokok mengandung nikotin yang berbahaya bagi bunda maupun janin. Asap rokok dapat menimbulkan resiko penyakit seperti asma dan infeksi paru-paru. Bunda sangat disarankan untuk tidak menjadi perokok aktif maupun pasif untik menjaga kehamilan muda sampai ke trimester berikutnya.
 
2. Menjaga kehamilan muda dari guncangan
Banyak keguguran terjadi di awal masa kandungan karena guncangan pada perut bunda. Pada kehamilan muda, janin bunda belum terlalu kuat, sehingga guncangan dapat menyebabkan kontraksi pada rahim. Hindari naik motor karena perut bunda sangat riskan terkena guncangan karena aktivitas tersebut.

Baca Juga: Kecanduan Sosial Media, Simak Cara Menguranginya.
 
3. Mengendalikan emosi dan gejala stress
Menjaga kehamilan muda dari gangguan emosi memang susah-susah gampang. Di awal kehamilan, bunda biasanya terkena sindrom baby blues dan hal ini dapat mempengaruhi hormone pemicu stress. Sedangkan jika bunda sering merasa stress, akan ada resiko janin terlahir dengan berat badan dibawah normal.
 
4. Memperhatikan asupan nutrisi
Rasa mual yang kian menggeluti dapat menghilangkan nafsu makan bunda. Padahal janin yang ada di dalam perut membutuhkan cukup asupan nutrisi agar tumbuh kembangnya stabil. Disini bunda belajar mengendalikan rasa egois. Walaupun perut terasa menolak makanan, bunda harus tetap menjaga pola makan bernutrisi agar terhindar dari resiko keguguran.
 
5. Membatasi aktivitas berat di awal masa kehamilan
Tekanan darah yang rendah bisa terjadi karena kondisi tubuh bunda yang mudah lelah. Demi menjaga kehamilan muda, sebaiknya bunda menghindari aktivitas berat agar tetap fit dan tidak mudah pingsan. Waktu istirahat bunda harus terjadwal dan teratur supaya badan tidak mudah lemas.

 Baca Juga: Sejarah Hari Lahirnya Pancasila yang Menjadi Dasar Negara Indonesia

Halaman:

Editor: Arif Amrullah

Tags

Terkini

Cara TikTok Dapat Uang. Panen Cuan Pakai HP Anda

Minggu, 12 Juni 2022 | 21:06 WIB
X